Cara Alami Mencegah Dan Mengatasi Sariawan


Dalam artikel sebelumnya Anda sudah mengenali jenis jenis sariawan serta berbagai penyebabnya. Memang penyebab sariawan sangatlah bervariasi, begitu juga dengan luka dan gejala yang timbul. Anda tentu setuju bahwa penyakit sariawan walau bukan termasuk penyakit yang mematikan, tentu dapat mengganggu kegiatan sehari hari Anda. Selain rasa sakit yang muncul ketika sedang makan, minum, atau menelan ludah, sariawan juga dapat mengganggu kepercayaan diri karena lokasi munculnya di bagian bibir. Lebih lanjut lagi, sariawan tidak hilang dalam satu atau dua hari, butuh waktu paling tidak satu minggu agar sembuh secara total. Itu berarti Anda harus menahan rasa sakit di bibir selama satu minggu, bukan hal yang menyenangkan bukan? Karena itulah Anda perlu tahu kiat kiat yang dapat membuat Anda terhindar serta bagaimana cara mengatasi sariawan ketika sudah muncul.

Cara Alami Mencegah Dan Mengatasi Sariawan

Sariawan sebenarnya dapat Anda cegah hanya dengan menjaga kebersihan mulut, karena pada dasarnya kebersihan itu sendiri merupakan salah satu langkah preventif untuk segala penyakit, tidak terbatas pada sariawan saja. Namun, ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan mulai dari sekarang agar Anda tidak mudah terserang penyakit ini, antara lain:

  • Perbanyak nutrisi dalam makanan Anda, terutama vitamin B12, Vitamin C, serta zat besi yang dapat Anda dapatkan dari buah atau sayur sayuran.
  • Kurangi makanan yang dapat memicu tumbuhnya sariawan seperti makanan yang terlalu pedas, gorengan, serta sambal.
  • Jika sariawan muncul setelah menggunakan pasta gigi atau obat kumur tertentu, segera ganti dengan yang lain

Cara Alami Mencegah Dan Mengatasi Sariawan

Beberapa dari Anda mungkin telah melakukan beberapa langkah diatas dengan harapan agar terhindar dari penyakit sariawan, namun jika Anda masih saja terserang oleh penyakit ini, maka ada beberapa pengobatan alami yang dapat Anda lakukan dari rumah:

  • Air Kelapa

Air kelapa dikenal sebagai salah satu obat paling mujarab dalam mengobati penyakit, walau umumnya digunakan untuk mengobati sakit perut, namun air kelapa juga dapat menyembuhkan sariawan dengan meminumnya secara rutin. Kandungan elektrolitnya dapat mendinginkan tubuh.

  • Jambu Biji

Tidak banyak orang yang tahu bahwa jambu biji adalah sumber vitamin C, faktanya kandungan vitamin C pada jambu lebih banyak daripada jeruk. Dengan mengonsumsi jambu biji secara rutin maka sariawan Anda akan hilang dengan sendirinya.

Cara Alami Mencegah Dan Mengatasi Sariawan


  • Bawang Putih, Kunyit, Campurang Pisang dan Madu

Bahan diatas dapat Anda temukan di dapur rumah Anda atau toko terdekat dengan mudah, cara menggunakannya cukup  Anda haluskan, lalu oleskan di bagian luka sariawan, tunggu beberapa menit dan bilas dengan air hangat.

Dengan beberapa cara di atas maka sariawan Anda akan cepat hilang dengan sendirinya dan Anda bisa menjalankan aktifitas sehari hari dengan tenang. Perlu diingat bahwa sariawan yang bertahan terlalu lama bukanlah hal normal,  jika Anda mengalami hal tersebut maka tidak ada salahnya untuk pergi ke dokter.

Sumber gambar: cantikitu.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us