Binatang Peliharaan Dapat Membantu Menghilangkan Stress


Dalam berkegiatan sehari hari, banyak hal yang dapat memicu perasaan sedih, marah, ataupun senang. Kondisi emosional seseorang memegang pengaruh penting dalam kegiatan sehari hari, Anda tentu setuju bahwa bekerja dalam kondisi perasaan yang sedih ataupun marah tidak dapat membawa hasil yang maksimal bukan? Karena itulah Anda harus dapat melakukan kontrol pada perasaan Anda. Faktanya, mengontrol perasaan tidak semudah yang dibicarakan, namun setiap orang tentu saja memiliki berbagai macam cara untuk mengalihkan perhatiannya sejenak dari penatnya kegiatan sehari hari. Mulai dari membaca buku, pergi berbelanja, berkunjung ke tempat wisata dan masih banyak lagi, namun tahukan Anda bahwa ada cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu melepas rasa stress tersebut? Cara sederhana itu adalah memelihara binatang peliharaan.

Binatang Peliharaan Dapat Membantu Menghilangkan Stress

Banyak hasil riset yang telah membuktikan bahwa memiliki binatang peliharaan merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk meredakan perasaan sedih atau stress. Mungkin beberapa dari Anda merasa hal tersebut merupakan sesuatu yang aneh, namun rasa stress atau sedih erat kaitannya dengan kondisi psikologis yang tentu saja berbeda cara pengobatannya antara satu sama lain. Beberapa contoh di bawah adalah penjelasan dari Dr. Alan M.Beck, kepala dari Pusat Hubungan Manusia-Hewan di Universitas Kedokteran Hewan Purdue.

  • Berada Dekat Dengan Hewan Mampu Turunkan Tekanan Darah

Walau perasaan stress adalah suatu kondisi psikologi, bukan berati tidak ada kondisi fisik yang dapat mengindikasikan munculnya perasaan tersebut. Salah satu kondisi fisik yang erat kaitannya dengan perasaan stress adalah tekanan darah. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa membelai kucing ataupun anjing dapat menurunkan tekanan darah. Tentu saja hal ini juga tidak terbatas pada membelai ataupun hanya pada kucing dan anjing, bahkan hanya menatap ikan yang berenang di dalam akuarium juga mampu menurunkan tekanan darah selama Anda menikmatinya.

  • Hewan Peliharaan Mampu Menurunkan Beban Pikiran

Berdasarkan riset yang dilakukan Lois Baker di Universitas Bufallo yang berjudul “Deconstructing The Pet-effect on cardiovascular health” atau dekonstruksi pengaruh hewan peliharaan terhadap kondisi kesehatan jantung. Hasil riset tersebut menunjukkan bahwa orang yang melakukan kegiatan di depan hewan peliharaan memiliki peningkatan detak jantung lebih rendah dibandingkan yang melakukannya di depan keluarga / kenalan. Peningkatan detak jantung erat kaitannya dengan stress, maka dari itu kebanyakan tempat kerja memiliki akuarium di dalamnya.

Binatang Peliharaan Dapat Membantu Menghilangkan Stress

  • Hewan Peliharaan Dapat Menghilangkan Kesepian

Tentu saja dengan adanya hewan peliharaan, Anda akan merasa tidak kesepian karena Anda akan selalu memiliki teman untuk berinteraksi, dan pemikiran hewan yang sederhana menjadikan mereka teman yang menyenangkan.

Binatang Peliharaan Dapat Membantu Menghilangkan Stress

Hal diatas adalah beberapa contoh dari pengaruh hewan peliharaan terhadap kondisi mental Anda, khususnya perasaan stress atau depresi. Tentu saja Anda dapat mencobanya sendiri dan segera mengadopsi hewan peliharaan kesukaan Anda namun ingat bahwa nyawa hewan peliharaan berada di tangan Anda, jika Anda tidak mampu memberinya kehidupan yang layak lebih baik jika Anda tidak memeliharanya, karena walau hewan peliharaan terbukti ampun untuk menghilangkan stress, terkadang Anda membutuhkan kesabaran dalam menghadapi tingkah keseharian mereka.

Sumber gambar:dailmail, wisebread

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us